Mobil Penyapu Jalan Ini Akan Bebersih di Area Penyelenggaraan KAA

Bandung - Kota Bandung kini memiliki 16 mobil penyapu jalan. Mobil tersebut nantinya akan mendampingi petugas kebersihan untuk membersihkan lingkungan Kota Bandung. Namun selama persiapan Konferensi Asia Afrika (KAA), mobil penyapu jalan tersebut akan digunakan untuk membersihkan area penyelenggaraan KAA.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil langsung mencoba mobil tersebut di area Balai Kota Bandung. "Membuat Bandung bersih itu memang agak mengubah kultur. Selain adanya gerakan pungut sampah dan denda. Juga dengan peningkatan infrastuktur dari mobil penyapu jalan ini," ujar pria yang akrab disapa Emil itu di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Jumat (10/4/2015).

Lebih lanjut Emil mengatakan, idealnya di satu kecamatan memiliki satu mobil pembersih jalan ini. Sehingga setiap Kepala Kecamatan bisa bergerak dengan jajarannya untuk membersihkan wilayahnya kapan saja.

"Ada 16 mobil. Pengadaan unit mobil penyapu jalan ini berasal dari APBD murni 2015 dan membelinya menggunakan lelang online. Mobil ini buatan Skotlandia dan Italia," terang Emil.

Dalam rangka peringatan Konferensi Asia Afrika 2015, mobil penyapu jalan ini akan berada di ring 1 dan ring 2 untuk membersihkan di titik tersebut.

"Mobil ini di ring 1 dan 2 akan terus muter- muter membersihkan di titik tersebut hingga sampai penyelenggaraan KAA nanti," tandasnya.

Mobil penyapu jalan ini cukup menarik perhatian. Bentuknya seperti truk sampah mini yang di bagian bawahnya diberi dua alat sapu yang terdapat di kanan dan kiri mobil. Bagian belakang mobil dibuat menarik dengan gambar kartun yang menggambarkan Bandung. Mobil ini tidak berwarna kuning seperti mobil truk sampah pada umumnya yang ada di Bandung. Tapi bagian depannya berwarna hitam dan belakangnya didominasi hijau dan biru.



Sumber: http://news.detik.com/bandung/read/2015/04/10/144811/2883711/486/mobil-penyapu-jalan-ini-akan-bebersih-di-area-penyelenggaraan-kaa